Modifikasi Motor Buat Angkut Sawit

Modifikasi Motor Buat Angkut SawitIni inovasi lama sebenarnya. Akhir tahun lalu “mainan” ini booming boomingnya di perusahaan kami. Semua kebun berlomba membuat versinya masing masing. Tujuannya sangat baik, yaitu bisa membantu pemanen untuk mendapatkan produktifitas setinggi tingginya.

Prototipe seperti ini sebenarya sudah banya sekali digunakan di kebun sawit. Baik itu oleh perseorangan / pribadi ataupun diproduksi massal oleh perusahaan. Di kebun saya, kami buat 1 model berdasarkan pengalaman salah seorang pemanen baru kami dari perusahaan sebelumnya dia bekerja.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari penggunaan motor modifkasi ini.

Keuntungan. Produktifitas pemanen pasti naik. Saya menyaksikan sendiri, bagaimana pemanen tersebut bisa mendapat 300 JJG, BJR 15-20 kg hanya kerja santai sampai jam 2 siang. Dia akan potong buah dulu sampai tembus ancak 1 blok, kemudian baru mengeluarkan menggunakan motor modifikasi ini. Pasangan panen (isterinya) kemudian menyusul untuk kutip brondolannya.

300 jjg x 20 KG = 6 ton bukan ??? Sangat luar biasa. Memang ini kategori sangat ahli. Sudah sangat terbiasa menggunakan becak motor.

Modifikasi Motor Buat Angkut Sawit

Kelemahan. Ada beberapa. Pertama, masalah motor untuk dijadikan becak motor tersebut. Untuk kasus ini, motor adalah kepunyaan pemanen sendiri. Jika kita tidak bisa membuat sebuah model gerobak angkutnya bisa bongkar pasang, maka motor tersebut kemana mana harus membawa gerobak angkutnya tersebut. Pilihannya adalah motor disediakan oleh perusahaan. Untuk ini tentu perlu perhitungan yang lebih matang. Bagaimana sistemnya dengan pemanen. Kami belum sampai kesana.

Kedua. Untuk kontur lahan. Motor modifikasi ini hanya bisa optimal diareal datar dan tidak berparit. Selain itu juga harus dipastikan pasar pikulnya benar benar rata dan bagus untuk dilewati. Jika tidak maka malah akan menghambat pengangkutan buah ke tph.

Biaya

Untuk biaya membuat gerobak angkutnya berkisar di 1,2 Juta. Untuk ban, kami beli bekas 1 set dengan velg. Kalau di Pangkalan Bun banyak di jual di toko bangunan. Harga 250-300 ribu per set ban. Hasil dari pengamatan kami dari beberapa kali ujicoba, maka untuk shocbreaker kami gandeng 2 pcs agar kuat dan main (bisa dilihat digambar dan video). Mungkin untuk kedepannya perlu dipikirkan bagaimana supaya bisa langsung nge dump supaya ketika sampai di TPH tidak diturunkan manual lagi.

Modifikasi Motor Buat Angkut Sawit

Silahkan dijadikan referensi jika cocok dengan kondisi kebun anda…..

Baca juga : (Modifikasi) Mesin Potong Rumput Bensin menjadi Tenaga Listrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s