Perlunya Menata Areal Teknik dan Workshop Kita

 

Saya membahas tema ini dalam semangat persiapan Perlombaan 5R+S tahun 2019.

Apa itu 5R+S ?

Itu adalah sebuah perlombaan yang diadakan di perusahaan saya saat ini (USTP) untuk menilai suatu unit kerja berdasarkan hal : Resik, Ringkas, Rajin, Rapi, Rawat + Safety. Kategori yang diperlombakan banyak sekali. Antara lain : Kantor Besar Terbaik, Polibun Terbaik, Gudang Terbaik, Kantor Teknik dan Workshop Terbaik, Perumahan Afdeling Terbaik, dll.

Saya akan bercerita untuk kategori Kantor Teknik dan Workshop saja dulu biar tidak terlalu panjang pembahasannya.

Kantor Teknik Terbaik
Kantor Teknik Terbaik

Menjabarkan dari hal : Resik, Ringkas, Rajin, Rapi, Rawat + Safety tersebut banyak item yang dijadikan penilaian. Tidak semuanya saya ingat karena sangat banyak sekali. Diantaranya :

1. Kebersihan, mulai dari ruangan, lemari, gudang kantor, parit, pekarangan perumahan, dll. Juga dinilai masalah penangan sampah yang ada. Apakah sudah disediakan pemisahan sampah organik dan organik atau belum ? Juga pembuangan akhir sampahnya apakah masih dibuang sembarangan atau sudah diatur dengan baik.

2. Kerapian dalam penyusanan alat alat kerja. Apakah tersedia ruangan khusus untul tools. Kemudian di dalam tools room itu ada juga sudah tersedia lemari lemari yang sesuai dengan alat alat yang disimpan. Penataan besi bekas, ban bekas, kendaraan rusak juga akan dinilai disini. Untuk kantor teknik akan dilihat bagaimana penataan dokumen dokumen teknik. Apakah sudah dibuatkan lemari khusus atau belum. Jika sudah ada lemari apakah sudah dipilah pilah agar mudah dicari atau tidak. Hal lain adalah masalah parkir kendaraan dan alat berat. Aapakah sudah ada pemisahan atau tidak. parkir motor untuk karyawan teknik pun ada bobot nilainya.

3. Safety dalam penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) mempunyai bobot nilai yang besar. Helm, Sepatu Safety kemudian kaca mata las dan alat pelindung diri lainnya ketika bekerja. Juga akan dinnilai masalah penanganan limbah B3 seperty olie. Apakah sudah mengikuti prosedur yang ditentukan atau belum. Dalam hal safety juga akan dicek masalah amaran amaran kerja. Baik itu di kantor teknik ataupun workshop. Prinsip prinsip K3 juga apa sudah teraplikasi atau belum.

TUJUAN

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan keamanan dana kenyamanan dalam lingkungan kerja kita. Suasana kerja yang baik, bersih dan teratur diyakini mampu menaikkan produktifitas karyawan. Tentu saja selain sebagai katalisator menumbuhkan budaya persaingan yang positif diatara unit unit kerja. Persaingan yang baik akan memunculkan hal hal baru baik yang inovatif dan inspiratif yang ujung ujungnya akan meningkatkan performa perusahaan.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, akan menjadi modal untuk pemenuhan proper yang diisyaratkan oleh pemerintah.

Berikut saya kirimkan beberapa contoh foto saat kami mempersiapn divisi teknik kami untuk menghadapai penilaian 5R+S

Kantor Teknik Terbaik

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s