Berwisata di Pusat Kota Banjarmasin

Ini bukan pertama kalinya saya ke Banjarmasin. Dulu sekitar tahun 2012 – 2013 saya pernah di Batu Licin. Waktu itu sempat 2-3 x saya main main ke kota Banjarmasin. Namun kali ini memang berbeda. Karena tujuannya memang (salah satunya) untuk berwisata di pusat kota banjarmasin, maka secara sengaja, saya dan isteri fokus hunting tempat wisata di Banjarmasin.

Perjalanan darat dari Pangkalanbun ke Banjarmasin

Menempuh jalan darat dari Pangkalan Bun (Kalimantan Tengah), perjalanan kami memakan waktu sekitar 13 Jam. Berangkat dari Pangkalan Bun jam 06.00 WIB – sampai di Banjaramasin jam 20.00 WITA. Terbayang kan jauhnya ? hehe…tapi bagi kami itu sudah biasa, karena memang berdua jiwanya jalan jalan. Dan seperti biasa, anak kami Arshiyla pun kami ajak. Umurnya saat ini 2 tahun 1 bulan.

WISATA SUSUR SUNGAI

Kota Banjaramasin dibelah oleh Sungai Mahakam. Saya cukup terkesima melihat penataan areal kanan kiri sungai ini. Mengingatkan saya waktu ke Kuching idul fitri kemaren. Mirip walaupun tidak persis. Kita bisa berjalan dengan nyaman sepanjang sungai karena kesan rapi, bersih dan teratur. Jajanan khas yang memanjakan mata terlihat dimana mana. Tentu saja yang paling khas dan banyak dikunjungi wisatawan adalah pasar terapung.

Ini pertama kalinya saya melihat pasar terapung secara langsung. Dulu tahunya hanya di iklan RCTI OKE, hehe…

Berwisata di pusat kota banjarmasin tidak akan afdol rasanya kalau kamu belum sampai di pasar terapung ini. Jualan yang ada disitu beraneka ragam. Secara umum adalah jajanan hasil kebun masyarakat. Seperti, jeruk, mangga, jambu, cabe dan ada juga rimbang (terong hutan).

Berwisata di pusat kota banjaramasin
Pasar terapung banjarmasin
berwisata di pusat kota banjarmasin
jenis jualan di pasar terapung

Jika sudah puas berbelanja dan foto foto di pasar terapung. kita bisa berjalan sedikit ke tempat wisata yang lain. Untuk spot foto yang bagus dan ikonik tentu saja patung bekantan. Lokasi patung ini hanya sekitar 5 menit jalan kaki dari pasar terapung. Patung bekantan ini berada satu lokasi dengan taman kota. Disitu ada tempat bermain basket, tempat nongkrong, dll.

Sangat humanis.

Berada tepat di depan patung bekantan adalah loket pembelian karcis untuk wisata susur sungai. Kemaren kami ingin berwisata ke Pulau Bekantan. Informasi dari petugas, waktunya adalah 1,5 jam PP. Namun karena ada keperluan lain sehingga rencana ini kami batalkan. Semoga di kesempatan berikutnya nanti bisa kesana.

berwisata di pusat kota banjarmasin
wisata susur sungai (sumber : republika.co.id)

RUMAH ANNO 1925

Ini adalah rumah asli suku Banjar. Tidak jauh dari patung bekantan kita bisa melihatnya, tepatnya di kawasan wisata di tepi Sungai Martapura. Rumah Anno sudah berdiri sejak tahun 1925. Rumah tradisional Suku Banjar, saat ini ini sudah jarang ditemukan di kota Banjarmasin. Dahulu bangunan adalah merupakan rumah tua di sisi Sungai Martapura, namun dengan ditetapkannya kawasan wisata Banjarmasin District Heritage Point pada tahun 2012, Rumah Anno direvitalisasi sehingga bentuknya semakin indah.

Berwisata di Pusat Kota Banjarmasin
Rumah Anno 1925

Jika sudah capek berjalan jalan menyusuri pinggiran sungai tersebut. Akhirnya, nongkronglah di Plaza Smart City. Jangan membayangkan tempat ini kayak Mall atau Plaza yang umum. Bangunannya hanya seperti bangunan terbuka. Memang disediakan untuk nongkrong dan bercengkerama.

Dan apa yang diperlukan orang saat ini kalau nongkrong ???

YESSSSS…. JARINGAN INTERNET…..

Di lokasi ini tersedia jaringan wifi gratis. Saya sempat mencobanya dan luar biasa…kecepatannya sampai 1 Mbps. Jarang jarang di public space dapat jaringan gratis sekencang ini

Banjaramasin kerenlah untuk penataan wisatanya. Kearifan lokal dalam pasar apung, dan ke khas an daerah yang memiliki banyak sungai bisa di tata menjadi obyek wisata yang menjual. Dan sudah pasti menjadi income buat masyarakat lokal untuk meningkatkan perekonomiannya.

Bravo Banjar..

Baca Juga : Pantai Tanjung Keluang : Bersih, Indah, Asri yang menghadirkan kebahagiaan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s