Pentingnya Apel Pagi di Divisi Teknik

apel pagiBeberapa orang menyebutnya lingkaran pagi. Beberapa yang lain menyebutnya apel pagi. Sama saja maksud dan tujuannya. Disebut lingkaran pagi karena posisi berdirinya adalah melingkar. Ini hanya masalah kebiasaan.

Di kebun, apel pagi/master morning merupakan suatu kewajiban. Sudah merupakan budaya kebun dari jaman dahulu. Apel pagi merupakan awal dari rangkaian semua kegiatan kebun di hari ini. Baik panen, rawat, dll. Di apel pagi biasanya dibacakan hasil pekerjaan kemaren dan diumumkan rencana kerja hari ini. Dengan begitu pembagian pekerjaan beserta lokasi kerjanya bisa diatur dengan baik. Untuk kebun kebun yang masih menggunakan absen manual (belum finger print), maka di apel pagi juga dilakukan pengabsesan terhadap karyawan yang masuk. Jika karyawan tidak mengikuti apel pagi, maka otomatis akan dinyatakan mangkir. Meskipun nanti apabila setelah apel pagi karyawan tersebut bekerja di lapangan.

Beberapa perusahaan menentukan lokasi apel pagi berganti ganti sesuai dengan blok panen. Tujuannya agar setelah apel pagi, karyawan tdk perlu lagi pulang ke rumah, tetapi langsung masuk ke blok sesuai dengan arahan kerja yang sudah ditentukan. Namun ada juga perusahaan yang menetapkan lokasi apel pagi di suatu tempat tertentu dan tidak berganti ganti tempat. Biasanya lokasinya berada dekat dengan perumahan afdeling/divisi. Tujuannya agar karyawan bisa dekat ke tempat apel pagi dan tidak terlambat apel pagi. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan tinggal bagaimana kebijakan dari perusahaan tersebut

Bagaimana di Teknik ?

Banyak divisi teknik/traksi yang tidak menjalankan apel pagi. Kenapa demikian ? karena variasi pekerjaan di teknik tidak sebanyak di kebun. Sehingga biasanya pembagian pekerjaan lansung menggunakan work order. Contohnya di workshop, pembagian pekerjaan langsung melihat unit unit yang rusak di workshop. Sehingga biasanya perintah kerja bisa langsung dibagi.

apel pagiLantas, apa perlu ?

Bagi saya apel pagi di teknik sangat perlu. Beberapa hal yang bisa kita sampaikan di apel pagi :

  1. Hasil kerjaan hari sebelumnya
  2. Rencana kerja hari ini
  3. Kebijakan kebijakan penting penting baik dari site maupun managemen HO
  4. Target target teknik jangka pendek.
  5. Mengingatkan keselamatan kerja dan safety
  6. Tanya jawab singkat harian.

Dari penyampaian penyampaian ini, kita bisa mendapatkan beberapa keuntungan :

  1. Jika ada masalah bisa cepat terselesaikan, tdk menumpuk numpuk dan menjadi masalah besar.
  2. Target menjadi beban bersama bukan hanya staff
  3. Meningkatkan kekompakan dan disiplin

apel pagi

Selamat menjalankan apel pagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s