Pemenuhan Kebutuhan Air Minum Karyawan dengan Sumur Bor Dangkal

Sumur Bor Dangkal

Masalah penyediaan air bersih ini sudah beberapa kali saya bahas di Linkedln saya. Tanggapannya ternyata cukup ramai dan beragam.

Faktor utamanya adalah, karena air adalah salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh karyawan di perkebunan kelapa sawit. Namun disisi lain, penyediaan air bersih, terutama air minum ini belum menjadi prioritas utama di beberapa perkebunan kelapa sawit.

Secara regulasi yang di isyaratkan ISPO, pemenuhan air untuk karyawan memang hanya sebatas untuk MCK yang layak. Namun untuk beberapa kepentingan lain dalam operasional, maka pemenuhan air bersih untuk minum harus juga diperhatikan.

Ada beberapa nilai lebih jika perusahaan menyediakan air bersih buat karyawan :

  1. Karyawan akan lebih betah bertahan di kebun kita. Saat ini, persaingan mencari tenaga panen sangat tinggi. Dengan adanya nilai tambah air bersih ini secara psikologi akan dipertimbangkan karyawan juga untuk bertahan.
  2. Produktifitas karyawan diharapkan naik. Kenapa demikian ? Karena karyawan tidak perlu membuang waktu untuk mencari air bersih sampai keluar kebun atau afdeling. Di kebun saya saat ini, hampir semua karyawan mengambil air bersih untuk minum ke mata air yang berjarak sekitar 5 KM dari kebun. Ini tentunya juga sedikit banyak akan mempengaruhi jam kerja karyawan.
  3. Pengeluaran karyawan berkurang. Banyak karyawan yang memilih membeli air isi ulang untuk kebutuhan air minum mereka. Dengan disediakannya air bersih yang layak minum ini maka secara otomatis pengeluaran karyawan akan berkurang.

Solusi

Salah satu solusi penyediaan air bersih adalah dengan membuat sumur bor dangkal kedalaman 30-40 meter. Berapa jumlahnya ? tergantung dengan kebijakan di perusahaan masing – masing. Saran saya adalah dibuatkan 1 titik sumur per afdeling/divisi.

Sumur Bor Dangkal
Mesin Bor Sumur Bor Dangkal

Ini yang sudah kami buat diperusahan kami. Biaya pembuatan berkisar 15 – 20 Juta per titik. Ini tentu saja tergantung dengan lokasi kebun kita.

Ketika sumur bor sudah jadi (dapat air), maka dibuatkan penampungan di dekat titik sumur bor tersebut. Kalau sesuai hitungan kami, tampungannya cukup menggunakan profil tank 2.200 Liter. Kapasitas ini cukup buat kebutuhan air minum 1 afdeling/divisi per hari.

Sumur Bor Dangkal
Hasil sedot awal sumur bor

Dari profil tank tersebut, dibuatkan beberapa keran sehingga pengambilan air bisa langsung dilakukan oleh beberapa orang sekaligus.

Kenapa tidak langsung dialirkan ke rumah – rumah ?

Untuk kedalaman 30-40 meter, biasanya debit yang dihasilkan tidak terlalu besar, sehingga tidak mampu untuk dialirkan ke rumah – rumah. Untuk debit yang besar, bisa menggunakan sumur bor dalam (artesis), namun biayanya bisa mencapai 300 juta per titik. Silahkan berhitung sesuai dengan kebijakan perusahaan masing masing.

Sumur Bor Dangkal
hasil sumur bor akhir siap konsumsi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s