Gerobak Langsir Titi Panen

gerobak tipa
Postingan video gerobak titi panen di FB awal april 2017

Di awal bulan april lalu saya pernah mempostingkan video gerobak untuk melangsir titi panen. Kali ini akan saya bahas lebih mendetail untuk para pembaca bangpohan.com semuanya.

Mari kita mulai….

Titi panen adalah salah satu elemen penting dalam men-support proses panen di perkebunan kelapa sawit. Titi panen bisa terbuat dari kayu, semenboard ataupun beton. Mengenai hal itu, bisa dibaca pada tulisan saya sebelumnya : Titi Panen

Titi panen bisa dicetak secara massal di suatu tempat tertentu, kemudian jika sudah mencapai umur beton yang cukup kemudian didistribusikan ke titik yang memerlukan. Atau bisa juga langsung dicetak pada titik yang memerlukan titi panen. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Kali ini saya  tidak akan membahas hal tersebut. Mungkin nanti di tulisan berikutnya.

Titi panen cetak lokasi

IMG20151008144113
Titi panen dicetak Massal di suatu tempat

Tulisan kali ini bahasan saya mengenai titi panen yang diproduksi massal pada suatu tempat tertentu.

Jika perusahaan kita mempunyai kebijakan menggunakan metode seperti ini, maka kita perlu memikirkan cara untuk melangsir titi panen ini sampai ke dalam blok. Jika titi panen dipasang hanya pada parit dipinggir jalan, maka tidak akan ada masalah. Namun jika titi panen akan dipasang di dalam blok, maka kita akan menemukan masalah.

Apa masalahnya ?

Bayangkan jika kita harus melangsir sampai 5000 atau 10.000 pcs titi panen dalam setahun. Dengan beban titi panen yang cukup berat, kita akan memerlukan tenaga manusia yang cukup banyak. Baik itu untuk melangsir titi panen ke dalam blok maupun dalam pemasangannya. Secara umum banyak perusahaan memilih opsi ini. Contoh yang telah saya uji cobakan, untuk memikul titi panen beton panjang 4 meter (berat +- 250 kg) kita memerlukan 6 orang.

Dengan menggunakan 6 HK, kemampuan untuk melangsir sekaligus memasang titi panen beton 4 meter ini dalam 1 hari hanya berkisar 6-7 batang (untuk titik pasang > 100 meter dari jalan).

Dari kendala ini maka kami menciptakan gerobak langsir titi panen. Sama halnya seperti TRAKOS, (baca tulisan saya : Tra-Kos : Inovasi Sederhana Untuk Meningkatkan Aplikasi/Pengeceran Janjang Kosong) gerobak ini di desain sederhana dari pipa galvanis dan roda ban bekas yang gampang ditemukan dipasaran. Panjang gerobak ini +- 3 meter, dengan lebar 30 cm (menyesuaikan lebar titi panen). Ban hanya dibuat 2 roda, bukan 4 roda agar mudah bermanuver di dalam blok.

IMG20170407150508
Gerobak langsir titi panen

Berikut adalah video aplikasi titi panen menggunakan gerobak langsir titi panen.

Dengan menggunakan alat langsir ini, maka kebutuhan tenaga kerja bisa diminimalkan dari 6 orang menjadi 4 orang. Kemampuan melangsir sekaligus memasang titi panen di tengah blok pun naik dari hanya 6-7 btg/hari bisa meningkat sampai 15 btg/hari.

Efisiensi yang lumayan bukan ?

Semoga bermanfaat dan menginspirasi…

gerobak
Aplikasi langsir titi panen menggunakan gerobak langsir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s