Tra-Kos : Inovasi Sederhana Untuk Meningkatkan Aplikasi/Pengeceran Janjang Kosong

 

trakos1
Troli Aplikasi Jangkos (Tra-Kos)

Tra-Kos adalah salah alat bantu dalam aplikasi / pengeceran Janjang Kosong (Jangkos) di dalam blok. Selama ini ada dua cara yang umum dalam meng-aplikasikan jangkos. Pertama, dengan sistem manual yaitu menggunakan angkong. Kedua, dengan sistem mekanis yaitu menggunakan EBS (Empty Bunch Spreader).

Saya tidak akan membahas kelebihan dan kekurangan antara kedua sistem itu saat ini. Mungkin di tulisan berikutnya.

Tra-Kos adalah alat ecer jangkos manual (menggunakan tenaga manusia). Tra-Kos dibuat dengan mempelajari kekurangan aplikasi jangkos menggunakan angkong. Dengan menggunakan Tra-Kos, produktifitas aplikasi jangkos bisa naik dua hingga tiga kali lipat dibanding menggunakan angkong.

Kelebihan Tra-Kos dibandingkan angkong dapat dijabarkan dalam beberapa point. Pertama, Kemampuat muat Tra-Kos bisa mencapai 3x lipat dari angkong. Karena penggunaan Tra-Kos adalah ditarik  dengan menggunakan kekuatan bahu, maka dengan beban 3x lipat dari kapasitas muat angkong beban tersebut masih mampu diaplikasikan menggunakan tenaga manusia.

Kedua, Luasan aplikasi meningkat. Dengan lebih banyaknya kemampuan ecer jangkos setiap reit-nya menggunakan Tra-Kos maka otomatis hektar aplikasi yang diperoleh pun lebih banyak dibanding menggunakan angkong.

Ketiga, Investasi lebih murah. Harga satuan pembuatan Tra-Kos memang lebih mahal daripada harga satuan angkong. Namun dengan usia pakai yang lebih lama, sehingga bila dihitung biaya inverstasi per bulannya, Tra-Kos lebih murah dibanding angkong.

Keempat, Menjadi daya tarik untuk pemborong. Dengan menggunakan alat bantu ini penghasilan pemborong jangkos bisa mencapai 4 – 5 juta per bulan per orang. Hasil ini lebih dari dua kali lipat dibanding menggunakan angkong. Dengan penghasilan seperti itu bisa menjadi magnet kepada pemborong untuk terus memborong pekerjaan aplikasi jangkos ini.

Perbandingan
Tabel Perbandingan Angkong vs Tra-Kos

Tra-Kos dibuat dari beberapa bahan sederhana yaitu : Pipa Galvanis, Wiremesh dan Ban. Waktu yang dibutuhkan berkisar 6-7 hari.

Secara umum pembuatan Tra-Kos dapat digambarkan sebagai berikut.

Rangka Tra-Kos dibuat menggunakan pipa galvanis ½ “. Bahan ini dipilih karena selain memiliki ketahanan yang cukup terhadap panas dan hujan, juga relatif sangat ringan. Kami sudah mencoba menggunakan kayu keras. Beberapa kelemahannya adalah selain berat, juga tidak tahan lama. Memang dari segi harga, kayu lebih murah dibandingan pipa.

trakos4
Rangka Tra-Kos

Setelah rangka dibuat, maka lantai dasar Tra-Kos dibuat menggunakan wiremesh M6. Yang perlu diperhatikan, karena lubang wiremesh masih cukup besar sehingga dapat membuat jangkos halus berceceran, maka perlu diberi besi lagi ditengahnya. Wiremesh dipilih dengan alasan yang sama, yaitu agar bisa mereduksi berat secara keseluruhan. Alternatifnya, kita bisa menggunakan papan atau plat besi. Namun akan menambah berat Tra-Kos tersebut.

Untuk ban digunakan ring 16 ukuran 80/80. Ban tersebut adalah ban yang biasa dipakai pada sepeda motor matic. Alternatifnya bisa menggunakan ban angkong. Namun yang dijadikan pertimbangan adalah, semakin besar ban yang digunakan maka akan semakin ringan dalam penggunaannya. Tentu saja ini harus juga memperhatikan lokasi kebun kita. Terlalu besar ban yang digunakan tentu bisa menggangu untuk bermanuver dalam blok.

trakos6
Pengecatan Tra-Kos

Inovasi sederhana yang sangat bermanfaat bukan ? Silahkan mencoba…

trakos3
Aplikasi Pengeceran Jangkos Menggunakan Tra-Kos

 

 

 

 

 

One thought on “Tra-Kos : Inovasi Sederhana Untuk Meningkatkan Aplikasi/Pengeceran Janjang Kosong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s