Me-manage Operasional Dump Truck di Perkebunan Kelapa Sawit dengan benar

truckTidak ada perkebunan kelapa sawit yang tidak mempunyai Dump Truck (DT). Tapi tidak semua perusahaan sawit mempunyai sistem yang baik dalam me-manage operasional Dump Truck nya.

Bagaimana kita mengetahui management DT kita sudah baik atau belum ? Salah satu parameternyanya adalah dengan membandingkan antara running account yang dibudgetkan dengan running account aktual. Masih belum tau cara menghitung running account ? Silahkan baca tulisan saya sebelumnya : Menghitung Running Cost Kendaraan/Alat Berat di Perkebunan Sawit

Ada 3 hal utama yang perlu diperhatikan dalam me-manage operasional DT dengan baik.

Pertama, Sopir. Kedua, Solar. Ketiga, Sparepart.

Mari kita bahas satu per satu.

Pertama, Sopir/Driver.

Managemen kendaraan dan alat berat (termasuk Dump Truck) yang baik harus dimulai dari Preventive Maintenance. Memperkuat preventive maintenance, berarti kita sudah satu langkah lebih maju untuk memanage kendaraan dan alat berat kita dengan baik. Ujung-ujungnya akan berimplikasi pada biaya perbaikan yang lebih efesien.

Preventive Maintenance secara sederhana bisa diartikan sebagai : pemeliharaan yang dilakukan secara terjadwal, umumnya secara periodik, dimana sejumlah tugas pemeliharaan seperti inspeksi, perbaikan, penggantian, pembersihan, pelumasan dan penyesuaian dilaksanakan.

Preventive maintenance akan bisa berjalan dengan baik, jika sopir dan operator kita mempunyai pemahaman dan kepedulian yang baik tentang perawatan kendaraan. Untuk itu, cara pertama untuk mendapatkan driver dan operator yang baik adalah dengan seleksi yang benar.

Bahan baku yang baik akan lebih mudah diolah menjadi hasil yang baik, ketimbang bahan baku yang tidak baik.

Kedua, cara yang umum dan efektif untuk menanamkan kepedulian terhadap sopir dan operator adalah dengan konsisten menjalankan apel pagi.

apel-pagi
contoh apel pagi bersama driver dan operator

Apel pagi yang konsisten, akan mereduksi permasalahan yang ada. Paling tidak, masalah-masalah yang muncul di lapangan bisa langsung diketahui ketika kita menggelar apel pagi. Dari situ baru akan muncul solusi-solusi yang dibutuhkan.

Pengecekan rutin kendaraan dan alat oleh driver/operator juga menjadi faktor penting untuk menjaga kendaraan/alat berat bisa selalu Ready For Use (RFU).

Berikut adalah contoh format monitoring yang bisa digunakan untuk pengecekan kendaraan di pagi hari sebelum beroperasi..p2h

Pastikan driver dump truck kita melakukan pengecekan rutin setiap pagi sebelum mengoperasikan kendaraannya masing-masing.

Kedua, Pengaturan Solar.

Solar menyumbang sampai 40% terhadap biaya operasional dump truck. Sistem pemberian solar harus di setting sedemikian rupa sehingga efisien terhadap operasional di lapangan dan minimal terhadap resiko penyelewengan/manipulasi.

Ada beberapa sistem pemberian solar yang sudah diterapkan di beberapa perusahaan sawit.

Pertama, sistem ritase. Artinya, kita sudah mengunci jumlah solar tertentu untuk 1 ritase. Misalnya, untuk 1 reit angkut TBS di afdeling/divisi 5, jatah solarnya 10 liter. Untuk itu, kita harus melakukan kalibrasi jarak terlebih dahulu terhadap semua lokasi yang kita inginkan. Cara ini sangat baik dalam menekan pencurian solar oleh sopir. Kelemahannya, cara ini bisa dijalankan pada jenis angkutan yang seragam dan terukur. Misalnya khusus angkut TBS. Sistem ini digunakan di divisi transport sinarmas.

Kedua, sistem KM. Artinya, berapapun KM yang dipakai oleh sopir akan diganti dalam bentuk solar pada hari berikutnya. Caranya : membagikan KM terpakai dengan norma solar per KM Dump Truck tersebut. Misalnya KM terpakai hari kemaren = 80 KM. Norma/ Rasio penggunaan solar Dump Truck kita adalah 1:4 (1 liter = 4 KM), maka solar yang diberikan adalah 20 liter.

Penggunaan sistem ini biasanya digunakan jika dump truck kita digunakan untuk angkutan multifungsi setiap hari. Misalnya, dalam sehari harus angkut karyawan, pupuk, TBS, bibit, angkut air, dll. Dengan angkutan yang beraneka ragam dan kadang tidak bisa terencana, maka susah bagi kita menentukan jumlah solar per ritasenya seperti sistem yang pertama. Sistem ini digunakan di divisi teknik USTP Group.

Penggunaan sistem ini, butuh kontrol yang sangat kuat. Baik itu dari segi penggunaan dump truck nya kerja apa saja. Atau pun manipulasi terhadap HM dump truck yang bisa diotak-atik.

Ada beberapa langkah antisipatif untuk mengontrol penggunaan HM pada sistem kedua ini. Pertama, Menggunakaan Kartu Kerja Kendaraan. Kedua, Melakukan penyegelan pada Odometer.odometerodometer-1

Variasi dari sistem ini adalah, solar dibebankan kepada sopir. Berapapun yang digunakan akan dipotong dari premi sopir. Sistem ini digunakan di divisi teknik Best Agro Group.

Ketiga, Sparepart.

Gunakanlah sparepart genuine. Apapun ceritanya, dalam jangka waktu lama barang original mempunyai ketahanan yang lebih baik.

Selain itu, untuk mereduksi cost maintenance dalam managemen dump truck perlu juga diperhatikan masalah pergantian ban luar. Sering kali terjadi manipulasi pada pergantian ban luar, karena sistem monitoring kita yang belum baik.

Mengenai sistem monitoring pergantian Ban Luar yang efesien dan efektif silahkan baca pada tulisan saya : Efisiensi Penggunaan Ban Luar Dump Truck

Hal lain yang perlu dikontrol adalah Monitoring Periodical Maintenance Service (PMS). Pastikan ini berjalan dengan baik sebagai salah satu langkah preventive maintenance. Monitoring bisa anda buat papan besar di tempelkan di workshop anda. Atau bisa juga hanya pada lembaran excel, seperti contoh berikut…

pms

Terakhir, jangan lupa…..jika bak Dump Truck sudah lubang-lubang karena keropos, segera di tambal/diganti. Kalau spackboard sudah patah/ilang segera dibuat baru, dan kalau jok mobil sudah bocor sana-sini, ya bawa ke bengkel jok untuk diperbaharui lagi….spackboardjok

Selamat, me-manage Dump Truck kita dengan benar…..

2 thoughts on “Me-manage Operasional Dump Truck di Perkebunan Kelapa Sawit dengan benar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s