Pantai Tanjung Keluang : Bersih, Indah, Asri yang menghadirkan kebahagiaan…

Lihat keindahan Indonesia di : http://pesona.indonesia.travelLogo Pesona Indonesia

Akhirnyaaaa……bisa menulis tentang wisata lagi.

Maklum, kesibukan kerja dan ke-sok-sibuk-an dengan perkembangan politik mengakibatkan kurang piknik, hehe….

Mari kita mulai….

peta-tjg-keluang
Peta Lokasi Taman Wisata Alam Tanjung Keluang

Pantai Tanjung Keluang terletak di sekitaran kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Secara koordinat, tanjung keluang terletak di 111°42″ – 111°45″ BT dan 3°42″ – 3°55″ LS. Dari kota Pangkalan Bun kita bisa menempuh jalan darat ke pantai kubu. Waktu tempuh berkisar 60 menit menggunakan mobil. Dari pantai kubu, kita menyeberang menggunakan perahu kayu (klotok). Biaya menyeberang umumnya Rp. 20 ribu per orang (pp). Jika kita akan menyeberang secara rombongan di atas 30 orang, kita bisa menyewa klotok ukuran besar dengan harga 500 ribu untuk antar dan jemput. Menyeberang dari pantai kubu ke tanjung keluang butuh waktu sekitar 30 menit.

klotok
perahu kayu / klotok

Mendekati pantai tanjung keluang akan terlihat hamparan pasir putih dan vegetasi pohon cemara yang terjaga dengan apik. Terlihat juga para pemancing yang berbaris sepanjang pantai. Sebagai Taman Wisata Alam yang terjaga terjaga dengan baik, di salah satu sisi pantai ini telah dibuat dermaga permanen untuk tempat bersandar.

dermaga
Dermaga
pasir
Berfoto di Sign Board Selamat Datang

Lantas apa yang membuat Pantai Tanjung Keluang mempunyai nilai lebih dari pantai-pantai yang lain ?

Pertama, lokasinya yang sangat bersih. Ketika kita merapat di dermaga, para petugas yang berada disitu sudah mengingatkan untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak ingin membersihkan sampah-sampah, maka silahkan memberikan donasi kebersihan, maka para petugas yang akan membersihkan.

Dari beberapa tempat wisata yang sudah pernah saya kunjungi di berbagai pelosok indonesia, menurut saya, pantai tanjung keluar merupakan salah satu pantai yang paling bersih.

ayunan
bermain di pantai
bersih
lokasi terjaga bersih

Kedua, pemandangannya yang indah. Laut lepas yang luas yang membentang luas, sangat memanjakan mata. Hamparan pasirnya menjadi magnet yang kuat untuk mengajak berkotor-kotoran. Karena pantai ini langsung menghadap ke laut jawa, sehingga menjadi salah satu penyebab banyaknya penyu yang bertelur di pantai ini.

penyu
sumber : http://www.imgrum.net

Atas pertimbangan banyaknya penyu yang bertelur di pantai ini, maka dibuatlah penangkaran penyu di pantai ini. Telur penyu yang diketemukan di pantai kemudian dipindahan kedalam penangkaran untuk ditetaskan. Jika kita ingin melepas langsung penyu-penyu kecil kembali ke alam liar, maka kita cukup memberikan donasi 35 ribu rupiah kepada pihak pengelola.

This slideshow requires JavaScript.

Ketiga, suasananya yang asri. Pohon cemara yang tertanam dengan kerapatan terjaga sangat memanjakan bagi para pengunjung yang ingin bersantai. Lokasi yang sangat tepat bagi yang berniat menghabiskan waktu jauh dari kebisingan kota.

asri-1
pohon cemara tertanam rapat
asri-2
suasana asri

Keempat, spot mancing yang baik. Jika anda pecinta dunia mancing, inilah salah satu tempat rekomendasi saya. Rasakan sensasi strike ala mancing mania….mantaappp….

Tunggu apa lagi….mancing

2 thoughts on “Pantai Tanjung Keluang : Bersih, Indah, Asri yang menghadirkan kebahagiaan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s