Membuat Bangunan Pengisian BBM sesuai standar ISPO

img20160211070709Salah satu bangunan yang paling perlu dibenahi ketika kita akan menuju pada standar ISPO adalah tempat/rumah pengisian BBM.

Baca Juga : Bangunan-bangunan Yang Harus Dipersiapkan Menghadapi Sertifikasi ISPO

Prinsip membangun tempat pengisian BBM yang memenuhi standar ISPO sebenarnya sangat sederhana, yaitu agar BBM (umunya adalah solar) yang ada tidak boleh langsung jatuh meresap dan mencemari tanah. Atas dasar itu, maka setiap perusahaan berimprovisasi sesuai dengan tafsirnya masing-masing.

Tidak ada aturan yang pasti tentang design bangunan pengisian BBM ini. Bangunan pengisian BBM di design sedemikian rupa agar BBM yang ada dalam semua proses (pembongkaran dari tangki solar vendor ke tangki penyimpanan ataupun pengisian dari tangki bbm ke kendaraan/alat berat) tidak mencemari tanah. Perlu juga diperhitungkan agar tembok/sekat bangunan pengisian BBM di rancang dengan ketingian yang cukup, sehingga jika terjadi tangki timbun solar kita jatuh/terbalik karena force major maka volume tumpahannya masih bisa tertampung pada rumah solar tersebut.

Satu hal yang masih menjadi perdebatan adalah perlu tidaknya membuat atap pada bangunan pengisian solar. Beberapa teman-teman di teknik berpendapat bahwa ini perlu untuk mencegah pemuaian. Sebagian lagi berpendapat tidak perlu, karena menganggap pemuaiannya ada tapi tidak terlalu signifikan. Silahkan menyesuaikan dengan pemahaman anda. Bagi saya, jika di kebun anda tidak terlalu ditekan masalah cost-nya, maka sebaiknya dibuat saja. Karena selain pemuaian, atap juga berfungi ketika kita akan mengisi BBM di musim hujan untuk tempat berlindung. Kemudian akan terlihat lebih bersih dan bagus dari segi estetika.

Yang terakhir, bangunan pengisian BBM yang memenuhi  standar ISPO harus juga dilengkapi dengan amaran-amaran yang mendukung. Seperti, dilarang merokok dan peringatan bahan mudah terbakar. Jangan lupa, harus diletakkan juga APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di sekitar bangunan pengisian BBM.

Berikut saya share kan beberapa contoh rumah pengisian BBM dari koleksi pribadi saya.

This slideshow requires JavaScript.

Contoh proses pembuatan Bangunan Pengisian BBM

img20150604072730
proses pembuatan
img20150622170737
sudah dioperasikan
img20160813123253
tembok/dinding pelindung
img20160813123301
dudukan tangki timbun

Berikut beberapa foto yang perlu diperhatikan juga terkait Bnagunan Pengisian BBM

img20150901083303
kalibrasi volume tangki solar menggunakan marine system
img20160907065721
amaran di sekitar bangunan pengisian BBM
img20160206072212
antrian pengisian BBM pagi hari

Bila ingin berdiskusi masalah gambar bangunan dan BQ/RAB nya boleh langsung via email…

One thought on “Membuat Bangunan Pengisian BBM sesuai standar ISPO

  1. Apakah ada pedoman teknis terkait standar bangunan pengisian BBM tesebut ? dan Bolehkan saya mengetahui contoh gambaran terkait bangunan pengisi BBMya pak ? Terimakasih sebelumnya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s