Menghitung Running Cost Kendaraan/Alat Berat di Perkebunan Sawit

Saya tidak pernah kepikiran men-share kan bahasan ini ke blog sebelumnya. Sampai beberapa waktu lalu muncul di search item blog saya tentang cara menghitung running cost sawit.search

Pemahaman tentang hal ini seharusnya sudah harus ada mulai dari level asisten. Hanya di beberapa perusahaan, asisten teknik/transport hanya diberi porsi untuk mengurus lapangan. Yang penting tbs aman, tidak ada restan. Kalau ini sedang terjadi pada anda, maka ubah lah cara berpikir anda. Kenapa ? karena ketika anda akan menjajaki level berikutnya, hal ini adalah hal yang wajib anda ketahui. Dan pasti akan ditanya ketika interview. Karena kaitannya dengan penyusunan budget dan pengendalian cost operasional.

Running cost kendaraan sebenarnya tidak hanya digunakan di perkebunan sawit. Semua lini bisnis yang menggunakan kendaraan, alat berat dan mesin pasti harus dihitung running cost nya.

Secara umum running cost dihitung dengan membagikan : TOTAL BIAYA ALAT BERAT/KENDARAAN DALAM 1 TAHUN dengan PRESTASI KERJA DALAM 1 TAHUN.

Untuk menghitung itu, ada beberapa variabel biaya yang harus kita ketahui. Dalam tulisan ini saya akan mengambil contoh cara menghitung Running Cost EXCAVATOR.

exca
maintenance excavator

Variabel biaya untuk menghitung running cost :

  1. Biaya gaji
  2. Biaya bahan bakar
  3. Biaya maintenance
  4. Biaya pajak
  5. Biaya asuransi

Mari kita bahas definisinya terlebih dahulu satu per satu. Simulasi hitungannya akan saya tampilkan dibawahnya.

Biaya Gaji

Untuk alat berat, ada 2 orang yang harus di gaji. Pertama adalah Operator. Kedua adalah Helper. Standar gaji setiap perusahaan di setiap daerah berbeda-beda. Silahkan dimasukkan sesuai dengan standar gaji ditempat anda berada. Sebenarnya ada lagi pembebanan gaji disini yaitu jaga malam. Namun karena itu sifatnya tidak tetap, bisa saja dihilangkan.

Biaya Bahan Bakar

Untuk menghitung biaya ini, kita harus meng-kalibrasi berapa pemakaian solar per HM nya. Bagi yang belum tahu, 1 HM berkisar 50 menit atau 0,8 jam dunia. Untuk excavator, saya menggunakan 18 liter/HM. Selain itu juga harus diasumsikan rata-rata harga solar yang akan dipakai dalam setahun.

Biaya Maintenance

Ada beberapa metode dalam menghitung biaya maintenance. Bisa dengan menghitung secara detail atau bisa hanya dengan menggunakan persentase dari harga beli. Tentu saja, kalau kita menggunakan persentase harus juga di bandingkan dengan biaya perbaikan dalam beberapa tahun sebelumnya, sehingga bisa di dapat hasil yang mendekati real. Asumsi biaya maintenance ini sudah termasuk kebutuhan sparepart dan olie.

maintenance
contoh asumsi persentasi biaya maintenance

Biaya Pajak

Biaya pajak dapat diasumsikan, menyesuaikan pembayaran pajak tahun lalu.

Biaya Asuransi

Biaya asuransi bisa diasumsikan, menyesuaikan pembayaran asuransi tahun lalu. Jika kita tidak menggunakan asuransi, maka item ini bisa dihilangkan.

Setelah mengetahui semua biaya, maka kita harus menghitung prestasi kerja (penggunaan HM dalam setahun). Asumsikan saja dalam 1 hari alat berat kita bekerja berapa HM. Kemudian dikalikan dengan hari efektif kerja dalam setahun.

Berikut ini adalah simulasi perhitungannya.

simulasi
simulasi perhitungan running cost excavator

Nah, dari simulasi hitungan di atas, kita bisa berstrategi sesuai kebutuhan kita. Andaikata Excavator kita tujuannya mau direntalkan, maka bisa ditawarkan pada harga 450-500 ribu/HM (ditambahkan keuntungan). Jika kita pihak yang ingin me-rental maka kita bisa menawar disekitar harga running cost tersebut.

Simulasi dalam excel bisa di donlod di link ini : simulasi

Exif_JPEG_420
maintenance mobil dinas

Semoga bermanfaat…..

 

7 thoughts on “Menghitung Running Cost Kendaraan/Alat Berat di Perkebunan Sawit

  1. […] Bagaimana kita mengetahui management DT kita sudah baik atau belum ? Salah satu parameternyanya adalah dengan membandingkan antara running account yang dibudgetkan dengan running account aktual. Masih belum tau cara menghitung running account ? Silahkan baca tulisan saya sebelumnya : Menghitung Running Cost Kendaraan/Alat Berat di Perkebunan Sawit […]

    Like

  2. Pemakaian BBM ( km/liter dan liter/hm ) dari setiap unit perlu disampaikan, mengingat salah satu komponen biaya terbesar dari Running Account adalah biaya pemakaian BBM, t kasih bang Pohan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s