KAPAK GANCU (KG), Inovasi Sederhana Untuk Meningkatkan Kualitas Supervisi Panen

01
Kapak Gancu (KG)

Awalnya, ide ini berasal dari GM di kebun tempat saya berada. Bapak Riodyxman Sagala. Dari ide beliau, tim teknik saya coba merealisasikan dalam bentuk aplikasi yang nyata. Tujuan pembuatannya sederhana, yaitu menciptakan sebuah tool  yang bisa turut meningkatkan kualitas supervisi panen.

Supervisi panen secara garis besar mempunyai beberapa tujuan utama, antara lain :

  1. Mencegah TBS mentah (yg mungkin terpanen) agar tidak terangkut ke pabrik,
  2. MencegahTBS busuk (janjang kosong) yang terpanen agar tidak terangkut ke pabrik,
  3. Memastikan TBS yang masih mempunyai tangkai yang panjang agar tidak terangkut ke pabrik.

Supervisi panen ini secara rutin dilakukan langsung pada 3 tingkatan. Pertama, Mandor Panen. Kedua, Senior Mandor Panen (Mandor Satu). Dan kemudian yang terakhir supervisi pada tingkat Asisten Afdeling (Divisi). Secara tidak rutin, tentu saja dilakukan juga oleh Asisten Kepala (Askep), Manager bahkan sampai General Manager (GM).

Alat yang sering kita jumpai digunakan pada supervisi panen adalah : Kampak, Parang dan Gancu. Sayangnya, alat-alat ini hanya berfungsi sendiri-sendir dan terpisah. Kapak dan Parang untuk memotong. Gancu untuk mengait/mengais. Untuk itu kita harus membawa alat-alat ini secara terpisah. Tentu saja ini menambah kerepotan sendiri pada supervisor panen.

1657454-kebun-kelapa-sawit-asian-agri-di-riau-780x390
Penggunaan Kapak Memotong Tangkai TBS (sumber : asset.kompas.com)
palm-oil-myanmar
Penggunaan Gancu Mengait Buah (sumber : frontierenews.it)

Atas dasar itulah, maka lahir inovasi sederhana ini.

Cara membuat Kapak Gancu sangat mudah. Material yang digunakan pun bisa diambil dari material-material bekas. Namun pastikan anda mempunya tukang las yang cukup baik agar hasilnya pun maksimal.

(Baca Juga : (Modifikasi) Mesin Potong Rumput Bensin menjadi Tenaga Listrik)

Tiang / gagang kapak gancu dibuat dari pipa besi diameter ½”. Panjang bisa menyesuaikan dengan keinginan masing-masing. Karena kapak gancu ini di setting untuk bisa diletakkan pada sisi motor (antara foot step belakang dan  blok mesin), maka kami gunakan panjang 70 cm. Dalam mengoperasikannya pun, panjang 70 cm sudah cukup nyaman untuk memotong tangkai panjang dan  memilah-milah jangjang busuk / mentah di TPH.

IMG_20160827_154725

IMG_20160827_154738
Penempatan Kapak Gancu di Motor

Mata kapak dibuat dari potongan besi per DT (Spring). Dipotong menggunakan las asetilin menyerupai mata kapak yang umum digunakan, kemudian dipanaskan agar bisa mudah dipukul/ditumbuk untuk dibentuk. Setelah mata kapak jadi, kemudian di tajamkan menggunakan gerinda. Mata kapak kemudian di las pada gagang pipa besi.

02
Pembuatan Mata Kapak

Disisi yang berlawanan, dibuat mata gancu menggunakan besi beton polos. Ukuran digunakan besi dia. 10 mm. Besi dipotong dengan panjang sesuai keinginan. Setelah itu di bengkokkan menyerupai taji ayam. Selanjutnya di las pada sisi berlawanan dengan mata kampak.

03
Mata Gancu dibuat Seperti Taji Ayam

Inovasi yang sangat sederhana, namun mempunyai nilai guna yang sangat tinggi dalam meningkatkan kualitas supervisi panen di perkebunan sawit. Silahkan dicoba…

IMG_20160827_161133
Supervisi Panen Menggunakan KG oleh Asisten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s