Punthuk Setumbu itu….INDAH, Gereja Ayam itu…..(Y)UNIK

“Rangga…..yang kamu lakukan ke saya itu…JAHAT…”

Pasti taulah cuplikan kalimat itu. Ada yang tidak tau ??? helloow….darimana aja sih lohhh….hehehe….

Yaaa….berawal dari Film AADC 2 itu, maka semua tempat wisata yang muncul pada film itu menjadi booming tak karuan. Tentunya kita (saya + isteri) sebagai generasi muda yang kekinian mempunyai keterpanggilan untuk melihat daerah-daerah itu. Awalnya, niat kami semuanya pengen di napaktilasi, hanya karena waktu yang tidak memungkinkan jadi beberapa tempat terbaik saja yang kami kunjungi.

Cukup basa-basinya………….

Bukit Punthuk Setumbu terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Dari Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mencapai bukit ini bukanlah perkara yang sulit sebab sudah terdapat petunjuk arah menuju lokasi. Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur silahkan melaju menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silahkan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu (http://www.njogja.co.id)

Kami berkunjung kesana ditemani oleh salah satu guide terbaik yang ada di borobudur dan sekitarnya. Thanks to mas mura for great tournya ya….

IMG-20160603-WA0088
with mas mura (gaya punggung, hehe…)

menurut cerita mas mura, lokasi yang digunakan untuk shooting aadc 2 sebenarnya bukan lah punthuk setumbu, tetapi purwosari hill. 2 tempat ini tidak jauh letaknya, hanya karena view untuk shooting lebih menjual purwosari hill, maka dipilih lah lokasi ini.

IMG20160602064924
foto diambil dari gereja ayam

atas dasar itu, maka kami berkunjung ke purwosari hill, lokasi syuting aadc 2. Dari tempat parkir mobil, kita harus jalan sangat menanjak kurang lebih 15 menit. waktu yang sangat ideal untuk menikmati sunrise sekitar pukul 05.00 – 06.00. Jika cuaca cerah, selain menikmati sunrise yang luar biasa, kita bisa melihat jelas gunung merapi, merbabu dan candi borobudur.

IMG-20160603-WA0117
purwosari hill
IMG-20160603-WA0121
sunrise, merapi dan merbabu

selesai menikmati sunrise, kami menurunin bukit menuju gereja ayam. Sebenarnya ini bukanlah ayam, tetapi burung merpati. Simbol dari perdamaian. Yang membuat saya kagum, gereja ini dibangun cukup jauh dari akses jalan raya. Tentulah sebagai seorang insinyur, yang terpikirkan oleh saya adalah seberapa sulit waktu itu untuk mendatangkan material sampai di lokasi. Hubungannya adalah seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Tentu saja, pasti ada alasan kuat yang melatarbelakangi hingga pilihan itu diambil. Tapi apapun itu alasannya, secara konsep dan design struktur saya sangat kagum. Inilah yg saya sebut di judul itu sebagai… Y(UNIK).

IMG20160602070356
gereja ayam

karena banyaknya pengunjung maka kami harus bergantian naik sampai ke puncak/mahkota gereja. konstruksi gereja ini belum sepenuhnya selesai. masih terlihat bahan bangunan dan sisa pekerjaan di setiap sisi gereja. Ada 3 tingkat tangga yang harus kita lewati untuk sampai diatas.

IMG-20160603-WA0124
lantai dasar
IMG-20160602-WA0009
di puncak gereja bersama pengunjung lainnya

setiap pengunjung hanya dikasih waktu lima menit untuk menikmati pemandangan dari atas puncak gereja. Ada petugas yang mengawasi disitu. Tentu saja, momen yang paling diinginkan adalah berfoto ala rangga dan cinta, hehehe….

very recomended place….ayo diatur waktunya segera…..

IMG-20160603-WA0100
dipuncak gereja ayam bersama mas mura, latar belakang gunung menoreh

another great place to be visited, baca : wisata ke taman nasional tanjung puting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s