Membangun Menara Api Baja

Di tulisan sebelumnya, saya sudah pernah membahas mengenai jenis-jenis menara api secara umum di perkebunan kelapa sawit. Karena antusias yang sangat besar terhadap tema ini, maka saya memutuskan untuk memberikan versi yang lebih detail dalam pembuatan salah satu jenisnya. Menara api baja saya pilih karena memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi diantara semuanya. Selain itu dibutuhkan design yang benar agar bisa kuat tetapi hemat biaya.

Baca : Jenis Menara Pantau Api di Perkebunan Sawit

Menara api baja mempunyai biaya yang mahal dalam pembuatannya. Untuk itu, tahap pertama kita perlu smart dalam merencanakan penetuan letaknya. Ratio pemasangan menara api umumnya adalah 1 unit untuk 500-600 ha. Sangat baik apabila kita dirikan di daerah yang tinggi (bukit) sehingga coverage area nya bisa lebih besar.

peta menara
Peta Rencana Perletakan Menara Api

Seperti umumnya bangunan lain, konstruksi menara api juga harus di dukung oleh pondasi yang baik. Dalam merencanakan menara api, selain beban vertikal kita juga tidak boleh mengabaikan beban horizontal. Semakin tinggi menara api yang akan dibuat maka semakin besar beban angin yang harus kita rencanakan. Pondasi harus di design memenuhi syarat ini, agar struktur kita aman terhadap resiko guling.

pondasi 1
Detail Rencana Pondasi
pondasi bq
RAB Pondasi Menara Api

Penyetingan angkur pondasi harus diperhatikan dengan baik. Lebih baik apabila pondasi dibuat setelah material baja yang dipabrikasi sudah tiba dilapangan. Hal tersebut agar bisa memastikan lebar pondasi persis sama dengan material baja yang dipesan. Kadang terjadi ukuran ini berbeda, sehingga jika pondasi sudah dibuat terlebih dahulu maka harus ada penyesuaian.

IMG20160330110224
Pekerjaan Pondasi Menara Api

Setelah pekerjaan pondasi selesai, dipastikan agar penimbunan tanah pondasi harus padat. Sangat baik apabila digunakan stamper untuk melakukan pemadatan.

menara api design
Design Menara Api Baja 9 meter

Langkah selanjutnya adalah pemasangan/instalasi menara api. Sebaiknya untuk pekerjaan ini kita serahkan kepada pihak yang berpengalaman. Umumnya pekerjaan ini sudah merupakan satu paket dengan pihak yang mempabrikasi baja nya. Hal yang perlu kita pastikan adalah, semua join harus terhubung. Pengencangan baut harus sesuai dengan standar baja yang disyaratkan.

IMG20160518082343
Instalasi Menara Api Baja

Setelah pekerjaan selesai, pastikan sambungan antara pondasi dan angkur di tutup dengan semen grouting. Sebagai tambahan, kita bisa menempatkan penangkal petir di ujung atap menara api. Bisa juga kita tempatkan penguat sinyal atau repeater.

IMG20160520081259
Menara Api Baja 9 Meter

**Design & RAB by mas ibnu arifuddin

16 thoughts on “Membangun Menara Api Baja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s