Mesin Genset dan Mesin Pompa Air

Genset
Mesin Genset Perkins

Disamping bangunan dan alat berat, penunjang lain yang sangat vital perannya di perkebunan sawit adalah mesin genset dan mesin air. Setiap hari, kedua mesin ini harus selalu dioperasikan untuk menunjang operasional di perkebunan sawit. Untuk itu diperlukan operator khusus untuk mengoperasikan dan melakukan perawatan harian. Mulai dari pengecekan olie, pengecekan sistim kelistrikan, pengisian solar dan merawat rumah mesin tersebut agar tetap dalam keadaan bersih dan rapi.

Mesin Genset

Kebutuhan listrik di suatu kompleks perumahan di kebun sawit menentukan kapasitas genset yang akan kita gunakan. Kapasitas genset di emplasement utama tentu saja berbeda dengan kapasitas di komplek perumahan afdeling/divisi. Secara detail, umumnya jatah listrik per pintu adalah 2A. Biasanya kapasitas ini kita batasi dengan MCB di setiap pintu. Dengan adanya pembatasan ini kita bisa menghitung berapa besarnya listrik yang dibutuhkan dengan mengalikan jumlah rumah yang akan direncanakan di tempat tersebut.

Untuk emplasement utama biasanya digunakan Genset dengan kapasitas 80 kVa – 100 kVa. Bisa juga digunakan secara bergantian. Untuk perumahan afdeling bisanya digunakan genset dengan kapasitas 20 kVa – 45 kVa. Tentu saja, sekali lagi harus dihitung kebutuhan yang riil dari jumlah perumahan yang ada.

Berikut adalah jenis mesin genset yang umum digunakan dan norma penggunaan solarnya.

GENSET
Norma Penggunaan Solar Mesin Genset

Yang perlu diperhatikan juga adalah berapa lama kita akan menyalakan genset tersebut. Tentu sangat tidak relevan jika kita menyalakan selama 24 jam. Pertama, biaya solar yang akan sangat tinggi. Kedua, untuk kepentingan karyawan pun tidak terlalu berguna jika kita menyalakan pada tengah malam sampai subuh, dan waktu karyawan sedang bekerja di lapangan. Terkecuali genset yang melayani kantor dan fasilitas umum lainnya.

Untuk itu, umumnya diberikan jatah 7 jam per hari untuk menyalakan genset. Pengaturannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kita mendapat suplai listrik dari PKS, maka genset bisa tidak difungsikan selama PKS berproses.

Mesin Pompa Air

Kebutuhan air di perumahan bisa di suplai dengan dua cara. Pertama kita membuat waduk / kolam di daerah tersebut dan kemudian memompanya. Kedua kita mendatangkan air dari tempat lain dengan menggunakan mobil tangki air. Cara kedua dilakukan apabila tidak ditemukan sumber air yang cukup pada daerah tersebut.

Mana yang lebih baik ? tentu saja cara yang pertama.

Berikut adalah jenis mesin pompa air yang umum digunakan dan norma penggunaan solarnya.

POMPA
Norma Penggunaan Solar Mesin Pompa Air

Kebutuhan air untuk 1 pintu perumahan (4 orang) berkisar antara 1 – 1,2 m3 per hari. Dari situ kita bisa mengasumsikan berapa banyak air yang dibutuhkan untuk di suplai ke perumahan. Selanjutnya dapat ditentukan jenis pompa yang digunakan, dan berapa lama waktu menyalakan pompa per harinya.

Secara umum digunakan pompa dengan kapasitas 200-300 liter per jam. Seperti dongfeng ns 100. Waktu yang kita berikan adalah 2 jam per hari. Jika perumahan tersebut menggunakan genset lebih besar dari 80 kVa atau mendapat suplai listrik dari pabrik anda bisa mempertimbangkan menggunakan pompa listrik. Yang pernah saya gunakan adalah water pump ebarra type 100×80 FS2JA 530. Harganya berkisar 84 juta. Dengan menggunakan pompa elektrik ini, kita bisa menghemat penggunaan solar, olie dan perawatan lainnya.

Pompa Listril
Pompa Listrik Ebarra

One thought on “Mesin Genset dan Mesin Pompa Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s