Stop Blok / Over Flow

Water Management yang baik di sebuah perkebunan sawit menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan produksi yang diinginkan. Fakta yang sering dijumpai adalah, ketika musim hujan stock air sangat berlimpah sehingga menyebakan banjir, sedangkan pada musim kemarau stock air sangat sedikit sehingga terjadi kekeringan dan kebakaran.

Water management diharapkan dapat menyeimbangkan stock air pada kedua musim tersebut. Sehingga, paling tidak ketika musim hujan air tidak terlalu berlebihan dan ketika musim kering air tidak terlalu kekurangan.

Pengaturan air pada musim hujan bisa menggunakan pintu air, pompa, tanggul dan parit outlet, parit fiel drain, dll. Mengenai hal ini akan saya bahas dalam judul yang berbeda. Sedangkan untuk menjaga kondisi air di musim kering umumnya digunakan over flow / stop blok.

Pada musim kering, air di parit atau outlet harus tetap terjaga minimal 50 cm dari permukaan tanah. Banyak perusahaan sawit menggunakan standar ini. Tujuannya, pertama : agar akar sawit dapat tetap menjangkau air. Kedua : agar dinding parit tidak mudah longsor (terutama di daerah gambut).

Design
design by : mas ibnu arifuddin

Stop Blok dikategorikan menjadi 2 jenis. Stop Blok Permanen dan Non Permanen

  1. Stop Blok Permanen

Dibuat dari campuran beton atau pasangan batu kali. Diisyaratkan tidak dibangun pada aliran permanen. Ukuran parit maksimal 2×2 m

Stop Blok
stop blok permanen di sinarmas
  1. Stop Blok Non Permanen

Bisa dibuat dari papan, timbunan tanah atau susunan karung yang diisi tanah. Untuk daerah gambut harus juga dianalisa kemungkinan air merembes lewat samping atau bawah stop blok.

1
stop blok non permanen dari karung diisi tanah
2
stop blok non permanen dari tanah timbun

2 thoughts on “Stop Blok / Over Flow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s