dolan nang… Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional (TN) Tanjung Puting mungkin tidak cukup familiar bagi kita orang indonesia. Namun, melihat jumlah orang bule yang berkunjung sepanjang tahun melalui kota pangkalanbun, saya menyimpulkan secara pribadi bahwa taman nasional ini sangat populer di level internasional.

tanjung-puting-map
Peta Taman Nasional Tanjung Puting (sumber : orangutan.org)

(sekali lagi) Atas “desakan” isteri, saya ikut saja ketika ada ide berkunjung kesana. Ingin tahu saja, seperti apa suasananya berada dekat dengan orang utan di alam liar.

Menuju ke Taman Nasional (TN) Tanjung Puting dari pelabuhan Kumai – Pangkalanbun, bisa menggunakan transportasi cepat (speed boat) dan transportasi lambat (kapal kayu). Karena waktu yang terbatas, kami menggunakan speed boat. Waktu tempuh ± 1,5 jam. Kami didampingi oleh mas Yusuf Hadi, Ketua DPC HPI Kotawaringin Barat. Karena sesuai aturan mainnya, semua wisatawan yang masuk ke TN harus didampingi oleh guide.

IMG20160103092108
menggunakan speed boat
IMG20160103114029
numpang foto di kapal kayu
IMG20160103105405
guide kami di TN tanjung puting

Menurut informasi yang diberikan, ada 3 tempat (camp) untuk dapat melihat orang utan. Namun yang terkenal, sekaligus terjauh adalah Camp Leakey. Kita dapat melihat orang hutan berkumpul ketika jam makan mereka. Di tengah hutan, dibuatkan semacam panggung dan pada jam yang telah ditentukan, petugas TN (sebutannya : ranger)  akan mengantar makanan dan minuman (pisang, susu, singkong, buah-buahan) ke tempat tersebut. Disitulah hampir semua orang utan berkumpul.

Informasinya, momen ini juga digunakan oleh para ranger untuk mengecek kondisi orang utan yang ada di lokasi tersebut. Apakah ada yang sakit, hamil, dsb.

IMG20160103104336
lokasi feeding

Sayangnya, tempat ini seakan minim promosi. Fasilitas pendukung yang ada juga masih banyak yang kurang memadai. Padahal melihat potensi yang ada, dengan promosi yang sedikit lebih gencar dan “agak mahal” Tanjung Puting sangat berpotensi menjadi obyek wisata yang benar-benar berkelas internasional.

Semoga…..

IMG20160103134541
bersama SISWI salah satu orang utan idola di Camp Leakey

Web/Blog referensi untuk info TN Tanjung Puting :

  1. Link 1
  2. Link 2
  3. Link 3

 

 

2 thoughts on “dolan nang… Taman Nasional Tanjung Puting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s