Jembatan Permanen

Jembatan adalah salah satu instrument penting dalam pengelolaan kebun kelapa sawit. Secara umum jembatan di bagi dua : Jembatan Permanen dan Jembatan Non Permanen.

Jembatan Non Permanen adalah jembatan kayu. Umumnya digunakan pada waktu kebun sawit baru dibuka / Land Clearing. Jembatan kayu bisa mencapai bentang 50 meter. Namun seiring berjalan waktu, kayu besar, panjang dan awet semakin sulit didapat, sehingga jembatan kayu rata-rata digunakan pada bentang 20-30 meter. Umumnya ketika sudah berumur 5 tahun, jembatan kayu sudah direncanakan untuk diganti menjadi jembatan permanen.

IMG20151219083300
               Jembatan Kayu Bentang 10 Meter

Jembatan Permanen dalam dunia sawit dapat digolongkan berdasarkan bentang yg akan digunakan. Hal ini penting diketahui, agar kita bisa lebih hemat biaya dalam menentukan jenis jembatan permanen yg digunakan.

  1. Gorong – gorong beton

Gorong – gorong adalah tipe jembatan permanen dengan bentang kecil. Ukuran yg umum untuk gorong-gorong adalah dia. 100 mm, 80 mm dan 60 mm. Ada juga yg mencetak dengan diameter lebih kecil, namun tidak umum digunakan. Sedangkan untuk ukuran lebih besar dari 100 mm tidak dianjurkan, karena rentan pecah.

Gorong-gorong juga bisa terbuat dari baja. Diameternya bisa menyesuaikan kebutuhan.IMG-20150106-00865

 

  1. Box Culvert

Box Culvert adalah tipe jembatan permanen bentang menengah. Umumnya digunakan untuk sungai / parit dengan lebar antara 1 – 3 meter. Beberapa perusahaan menggunakan box culvert hingga bentang 4 meter. Namun tidak direkomendasikan. Kita harus memperhatikan arus sungai yg melewati. Karena box culvert menggunakan pondasi dangkal maka rentan untuk tergerus jika dipaksakan di sungai besar.IMG20151102102615

  1. Jembatan

Jembatan digunakan untuk bentang lebih 3 meter. Banyak tipe jembatan yg bisa kita aplikasikan di lapangan. Beberapa hal yg harus diperhatikan al : jenis tanah, beban yg akan melewati, lebar sungai, dll.IMG20160322143119

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s